Psikologi Sosial II

Universitas Islam Negeri Malang
Fakultas Psikologi

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Matakuliah : Psikologi Sosial II
Semester : IV
Kelas : A/B
Bobot SKS : 2
Dosen : Mohammad Mahpur
Alamat tinggal : Jl. Kembangturi 18 B Malang

Tujuan umum
Mahasiswa mampu memahami dan mengetahui paradigma perilaku sosial dari perspektif psikologi

Tujuan khusus
Mahasiswa memiliki kompetensi individu dan kelompok untuk melakukan analisis perilaku sosial secara ilmiah dalam konteks sociological social psychology dan psychological social psychology mengenai tema-tema perilaku dan makna sosial sekaligus bisa mengintegrasikan analisis itu untuk kebutuhan dasar bagi perbaikan kehidupan sosial.

Materi perkuliahan
  1. Perkenalan/wawasan pembuka
  2. Orientasi Psikologi Sosial II : Sociological social psychology dan Psychological social psychology Ceramah dan diskusi 5
  3. Sosialisasi
  4. Konformitas
  5. Perilaku menyimpang
  6. Ujian Tengah Semester Ujian Tulis Semua materi
  7. Psychomovie Nonton dan resume Menyusul
Pembagian materi untuk diskusi kelompok :
  1. Stereotipe, prasangka dan diskriminasi Presentasi dan diskusi kelompok (Presentasi Kel. I panelis I)
  2. Toeri peran : gender dan psikologi tentang jenis kelamin (Presentasi dan diskusi kelompok : Kel. II panelis II)
  3. Atraktif (daya tarik) menyukai, menyintai dan hubungan intim. (Kel. III panelis III)
  4. Bahasa dan komunikasi (Kel. IV panelis IV)
  5. Agresi dan kekerasan (Kel. V panelis V)
  6. Perilaku kolektif (Kel. VI panelis VI)
  7. Dinamika kelompok dan konflik antarkelompok (Kel. VII panelis VII)
Buku rujukan
  1. A.K. Sharan (ed). 1999. Encyclopaedia of Social Psychology. New Delhi : Amnol Publications.
  2. Faturochman. 2006. Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta : Pustaka.
  3. Michael A. Hogg & Graham M. Vaughan. 2005. 4ed. Social Psychology. Harlow : Pearson Prentice Hall [www.pearsoned.co.uk/hogg]
  4. Steven J. Brecker, James M. Olson, Elizabeth C. Wiggins. 2005. Social Psychology Alive. Singapore : Thomson Wadsworth
  5. Cookie White Stephan & Walter G Stephan. 1985. Two Social Psychologies An Integrative Approach. Illionis : The Dorsey Press

Metode kuliah

1. Ceramah
2. Diskusi
3. Simulasi
4. Brainstorming
5. Psychomovie (nonton film HAYAT)

Tingkat kritis mahasiswa sangat diperlukan untuk menambah dinamika kelas. Ketajaman analisis, ketidaksepahaman dan perdebatan sengit antara dosen-mahasiswa tidak mempengaruhi terhadap hasil penilaian secara keseluruhan.

Mahasiswa agar selalu mempersiapkan diri dan membekali diri terampil mengoperasikan komputer dan dapat mengakses sumber-sumber tema perkuliahan melalui jaringan online internet. Buku dan dosen bukanlah satu-satunya sumber tunggal untuk memperkaya pengetahuan dalam belajar psikologi sosial. Ada baiknya mahasiswa mengupdate pengetahuan psikologi sosial dengan mengakses jurnal ilmiah internasional.

Kriteria penilaian
Penilaian dibagi berdasarkan empat fokus yakni,
1. Kehadiran : 5 %
2. Tugas terstruktur : 20 %
3. Middle tes : 25 %
4. Final tes : 50 %

Penilaian bersifat mutlak dan tidak bisa dicomplain atau diperbarui setelah nilai keluar, kecuali ada kesalahan teknis (salah entrypoint). Selain itu tidak dilayani.

Penjelasan tugas
Beberapa tugas berikut ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai stock of knowledge yang cukup terkait dengan teori-teori psikologi sosial. Oleh karenanya tugas lebih bersifat tekstual dan akan diperluas secara kontekstual melalui diskusi, simulasi dan brainstroming.
Adapun tugas kuliah sebagai berikut :

A. Tugas Resume
  1. Setiap mahasiswa mengumpulkan resume satu bab dari materi yang telah didaftar di atas. Adapun pembagiannya disesuaikan dengan pembagian kelompok presentasi.
  2. Selain meresume materi yang tersaji dalam bab, mahasiswa diharapkan menyertakan juga skema teori yang bisa meringkas kesimpulan pemahaman pada bab yang dimaksud.
  3. Panjang resume maksimal 5 halaman (1,5 spasi) dan dikumpulkan pada saat ujian tengah semester dalam bentuk shoftcopy. Ketua kelas diminta mengoordir seluruh tugas untuk dikumpulkan dalam satu CD. Mohon setiap kelompok dikumpulkan dalam satu folder yang berisi hasil resume dari setiap anggota kelompok. Contoh : nama folder : kelompok 1 (berisi hasil tugas per-anggota dari kelompok 1)
  4. Adapun ketentuan penyelesaian tugas sebagai berikut : Tugas dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Apabila mahasiswa terlambat dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya dianggap tidak mengumpulkan dan dinilai 10. Jikalau ada tugas yang sama, maka semua tugas tersebut didiskualifikasi.

B. Diskusi Kelas
  1. Diskusi kelompok dilaksanakan untuk membahas materi perkuliahan pada item 7-14.
  2. Pembagian kelompok dilakukan oleh ketua kelas dan dibagi menjadi 8 kelompok. Pembagian kelompok menyesuaikan daftar urut presensi.
  3. Ketentuan diskusi sebagai berikut :

3.1. Setiap kelompok melakukan observasi (bisa berupa gambar-gambar hasil pemotretan) dan wawancara untuk menggali data terkait dengan materi yang dibahas. Setiap anggota kelompok diharapkan memiliki 1 cacatan hasil lapangan (dilampirkan dan diberi nama pada saat penulisan artikel untuk bahan diskusi)
3.2. Silahkan kelompok mendiskusikan hasil catatan lapangan, kemudian menyimpulkan dalam suatu ringkasan fakta secara deskriptif
3.3. Kelompok yang sedang presentasi diharapkan menyusun artikel sebagai bahan presentasi dengan alur tulisan sebagai berikut :
Sub bagian i : Kalimat pendahuluan yang berisi paparan singkat tema yang sedang diangkat (2-3 paragraf)
Sub bagian ii : Deskripsi berupa kesimpulan dari hasil catatan lapangan yang telah dikumpulkan oleh anggota kelompok
Sub bagian iii : Penjelasan teori secara ringkas dan diusahakan menjawab atau menjabarkan teori itu sebagai penjelas atas fakta-fakta (contoh fakta atas teori yang dimaksud). Kelompok silahkan membuat skema teori yang memberikan gambaran ringkas terhadap tema yang dikaji
Sub bagian iv : Kesimpulan pemahaman kelompok atas teori yang dikaji
3.4. Panjang makalah maksimal 7 halaman dan membuat powerpoint sebagai media presentasi
3.5. Bagi kelompok yang akan presentasi diharapkan segera mengirim hasil makalah 2 hari sebelum presentasi ke email dosen (akan disampaikan di kelas) agar makalah bisa didownload di http://www.kuliahpsikologi.blogspot.com sebagai bahan bacaan audiens. Bahan bacaan bisa didownload di blog tersebut satu hari sebelum diskusi.
3.3. Artikel ditulis sesuai dengan cara penulisan artikel ilmiah.

Penjelasan teknis perkuliahan
Setiap perkuliahan, ketua kelas dibantu yang lain untuk dapat menyediakan LCD Projector yang diambil dari kantor bagian umum dan mengembalikan setelah perkuliahan selesai.

0 komentar: